Visi dan Misi

VISI

Menjadi Universitas yang unggul dan Inovatif dalam pengembangan Ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya berdasarkan nilai-nilai islami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2043.

MISI

  1. Menyelenggarakan sistem catur dharma pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta Al Islam Kemuhammadiyahan berlandaskan keilmuan kuat, bersinergi kewirausahaan dengan dunia usaha dan interdisipliner di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berkelanjutan diakui pada tingkat nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan seni islami serta lulusan yang diakui di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan unit-unit bisnis berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, managemen dan seni.
  5. Menjalin kerjasama antara industri, pemangku kepentingan, dan pengguna lulusan untuk kesejahteraan, kebanggaan, persyarikatan, keunggulan budaya dan peradaban bangsa.

TUJUAN

  1. Tercapainya kepercayaan industri, pemangku kepentingan, persyarikatan dan pengguna lulusan berdaya saing nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan karya multidisiplin dalam penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan atmosfer akademik islami bertaraf nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan produk inovatif dan lulusan profesional islami, yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pengembangan budaya wirausaha serta berkontribusi meningkatkan ekonomi nasional.
  4. Terbangunnya unit-unit wirausaha mandiri berbasis produk inovasi, manajemen dan IPTEKS serta budaya yang bermanfaat peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  5. Terwujudnya kuantitas dan kualitas pelayanan melalui kolaborasi industri, stakeholders dan pengguna lulusan berbasis kemitraan, kebudayaan dan pendidikan berkelanjutan.

SASARAN

  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dengan menyusun kurikulum yang dapat mengarahkan pada pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Meningkatnya SDM dan sarana prasarana yang mendukung penyelenggaraan pendidikan.
  3. Meningkatnya kualitas manajemen dan/atau tata kelola yang bermutu untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan.
  4. Meningkatnya kompetensi lulusan yang memiliki akhlaq Islami.
  5. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang diakui ditingkat nasional dan internasional.
  6. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat demi perwujudan integrasi nilai –nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan masyarakat.
  7. Terciptanya unit-unit bisnis mandiri dilingkungan Universitas Muhammadiyah Kudus.
  8. Meningkatnya jejaring , kerjasama dan kemitraan baik dengan lembaga pemerintah , swasta dan dunia usaha dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al Islam kemuhammadiyahan.